Selasa, 11 Oktober 2011

Kapal Perikanan


Pengertian Kapal Perikanan

Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang di laut, pada semua daerah yang mempunyai perairan tertentu. Kapal perikanan yaitu kapal, perahu, atau alat apung lain yang dipergunakan untuk melakukan penangkapan ikan, mendukung operasi penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, pengangkutan ikan dan pengolahan
ikan.

Kapal perikanan adalah kapal yang secara spesifik dipergunakan untuk
kegiatan usaha perikanan, misalnya: menangkap ikan, mengangkut ikan, mengumpulkan ikan, memprossing hasil tangkapan, melakukan survey dan penelitian perikanan, melatih para calon perwira dan ABK ( cadet ) baru, dan lain
sebagainya.

Kapal perikanan terdiri dari kapal penangkap ikan dan kapal bukan penangkap ikan, dengan tipe dan jenis, meliputi : Kapal penangkap ikan : kapal pukat hela, kapal pukat cincin, kapal jaring insang, kapal jaring angkat, kapal pancing, dan lain – lain. Kapal bukan penangkap ikan : kapal induk perikanan, kapal pengangkut perikanan, kapal riset perikanan, kapal latih perikanan.

Jenis-Jenis Kapal Perikanan

Dalam praktikum, kapal yang digunakan adalah jenis kapal purse seine yang dioperasikan malam hari. Secara umum, jenis-jenis kapal perikanan sendiri tergantung dengan alat tangkap yang digunakan. Alat tangkap yang biasa digunakan seperti purse seine, trawl, long line dan lain-lain. Jenis-jenis alat tangkap ini selain mempengaruhi terhadap jenis-jenis kapal perikanan juga mempengaruhi bentukbentuk kapal. Dengan kata lain, lain alat tangkap lain pula bentuk kapalnya. Hal itu disebabkan karena instrumen yang digunakan untuk mendukung ketika melakukan penangkapan ikan akan berbeda pada setiap jenis alat tangkap.

Berikut contoh gambar serta keterangan kapal perikanan sesuai dengan alat tangkap yang digunakan:
1.       Kapal Long Line
2.       Kapal Stern Trawl
3.       Kapal Purse Seine

Jenis-jenis kapal
Kapal Aerostatic
Kapal Aerostatic mengapung dengan gaya dorong udara di bawah lambungnya. Kapal ini memiliki sirkulasi udara angkat (kipas udara) yang mengatur tekanan udara di bawah badan kapal (aerostatic support).

Kapal Hydrodynamic
Kapal ini bergantung pada kecepatan yang mengangkat sebagian lambungnya keluar dari air (hydrodynamic support).

Kapal Hydrostatic
Kapal hydrostatic adalah kapal dengan displasemen yang besar, sebagian besar lambungnya terendam air.

Kapal Multi Lambung
Kapal multi lambung disebut dengan nama catamaran (lambung ganda) dan trimaran (lambung tiga). Tipe ini tidak termasuk pada tiga kategori di atas tetapi memiliki semua gaya support yang hydrostatic dan hydrodynamic.

Kapal displacement adalah kapal segala musim, dengan kemampuan daerah pelayaran dari air tenang sampai berombak.

Kapal planing hull kapal yang bagian depan kapal terangkat ketika melaju pada kecepatan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar